Jumat, 13 Juli 2012

Serupa Tapi Tak Sama: Kartun yang Tokohnya Seperti Kartun Doraemon

Jumat, 13 Juli 2012
Tiket Pesawat Murah

Ngomongin soal anime nih, BRAY paling suka. Dari BRAY belum sekolah sampe SMA, masih aja seneng sama kartun. Apalagi kartun-kartun asal Jepang, yeah anime-anime gitu. Yang paling BRAY suka sih Doraemon. Kartun legendaris itu membius BRAY untuk selalu menyukainya, orang-orang juga suka, gak tua gak muda, banyak lho yang masih suka Doraemon. Ceritanya sih sederhana, mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari seorang anak lelaki pemalas yang bernama Nobita, yang memiliki robot kucing dari abad 22, yaitu Doraemon. Tokoh-tokohnya pun khas, ada Giant yang badannya paling besar diantara teman-temannya. Suneo yang berwajah mirip rubah, dan satu-satunya peran utama wanita yaitu Shizuka. Kelima tokoh ini, Nobita, Suneo, Giant, Shizuka, termasuk Doraemon selalu ada di setiap episodenya.

Doraemon
Nah disini, BRAY bakal ngomongin kartun anime lain yang tokoh-tokohnya kayak tokoh di kartun Doraemon, cekidot gan....


1. P-Man
 
P-Man P-Man P-Man...
Kupanggil, dia P-Man...
Suaranya riang, datanglah oh P-Man, datanglah ke rumahku...
Datanglah oh P-Man, ke dalam hatiku...
Dengan rasa cinta, memberi semangat...
P-Man P-Man P-Man...

Hohohoho... Masih inget dengan si superhero bertopeng biru dan sering menggunakan boneka untuk menggantikan dirinya ketika bertugas? Nah inilah P-Man.... BRAY inget bentuk-bentuk tokohnya, cuman kalau nama-namanya lupa. Nyari-nyari sulit juga, dan akhirnya BRAY nemu di wikipedia, tapi bukan P-Man namanya, Melainkan Perman / Parman.

P-Man
Disini tokoh utamanya Mitsuo Suwa, yang jadi P-Man. Perawakan tubuhnya mirip Nobita, hanya saja wajah P-Man lebih mirip Dekisugi di Doraemon. Selanjutnya Booby, adalah seekor simpanse kecil yang fungsinya kayak Doraemon tapi mukanya mirip Suneo. Dia simpanse yang cerdas, tapi gak bisa bahasa manusia (ya iyalaah). Trus ada Sumire Hoshino yang kayak Dorami, dia P-Girl yang sering bantuin P-Man kalo lagi beraksi. Pekerjaan aslinya aktris loh, dan Mitsuo nge-fans sama Sumire. Di ceritanya, Sumire suka sama Mitsuo tapi Mitsuo lebih cinta sama Michiko, teman sekelasnya. Michiko disini kayak Shizuka, dia juga suka sama Mitsuo (hadeeh...). Selanjutnya, ada Hozen Oyama, yang badannya gembul kayak Giant. Dia juga sering bantuin P-Man. Ya begitulah, P-Man sendiri kayak Nobita, Booby kayak Doraemon tapi mukanya mirip Suneo, Sumire kayak Dorami, Michiko kayak Shizuka, dan Hozen kayak Giant.

2. Ninja Hattori

Mengisahkan seorang anak bernama Kenichi Mitsuba yang berteman baik dengan seorang Ninja bernama Kanzo Hattori. Alur ceritanya hampir sama kayak Doraemon, ada yang digangguin, trus minta bantuan, tokohnya ada cowoknya, pemeran utama ceweknya satu, trus Hattori takut sama kodok dan kadal kayak Doraemon takut sama tikus. Tokoh utama disini juga kayak Nobita, yaitu Kenichi Mitsuba. Kanzo Hattori, si ninja biru perannya kayak Doraemon, kostumnya juga sama - sama biru, hahaha :D. Hattori sering bantu Kenichi melawan Kemumaki / Kimimaki. Kimimaki disini mirip kayak Suneo, dia sering gangguin Kenichi trus Kenichi dibelain Hattori. Hattori juga punya adik, namanya Shinzo Hattori, biasa dipanggil Shin-chan. Disini peran Shin-chan juga kayak Dorami, adeknya Doraemon. Kenichi juga punya cewek yang dia suka, namanya Yumeko Kawai. Yumeko disini juga berperan layaknya Shizuka di Doraemon.

Ninja Hattori
3. Kiteretsu Daihyakka
 
Nah, ini nih. Dari kedua kartun yang sama tokohnya dengan Doraemon diatas, ternyata kartun Kiteretsu Daihyakka lah yang paling mirip. Ceritanya tentang seorang anak pandai, terutama dalam hal sains, bernama Kiteretsu yang senang membuat berbagai macam alat-alat aneh. Hingga pada suatu hari ia membuat sebuah robot yang bentuknya seperti orang Jepang jaman kuno, yang ia beri nama Korosuke. Akhirnya mereka berdua berteman.
Tokoh di film ini ada Kiteretsu, yang kalau di kartun Doraemon mirip sama Nobita. Lalu ada Korosuke, yang di Doraemon mirip sama Doraemon sendiri. Bedanya cuma Nobita itu bodoh dan pemalas, sedangkan Kiteretsu itu pandai dan suka menciptakan sesuatu. Trus Korosuke disini digambarkan sebagai sebuah robot yang ceroboh tapi baik hati, tidak seperti Doraemon yang sangat teliti dan dewasa. Kiteretsu juga mempunyai teman yang sama dengan tokoh teman Nobita di Doraemon. Ada Miyoko yang sama kayak Shizuka, disini ceritanya Kiteretsu juga suka sama Miyoko. Trus ada Tongari yang sama kayak Suneo dan Buta Gorilla yang sama kayak Giant. Orang tua Kiteretsu pun sama seperti orang tua Nobita, Ayah yang gemuk dan Ibu yang kurus.
Usut punya usut nih, ternyata pencipta anime Kiteretsu ini adalah Fujiko. F. Fujio, orang yang sama yang juga menciptakan anime Doraemon. Walaupun tokohnya sama dengan Doraemon, namun Kiteretsu tidak begitu populer di Indonesia, dan komik Kiteretsu pun hanya terbit mulai dari tahun 1974 hingga 1977, tidak seperti Doraemon yang terbit dari tahun 1969 sampai sekarang.

Kiteretsu Daihyakka
4. Detektif Conan

Kartun ini memang jalan ceritanya beda jauh sama Doraemon. Doraemon yang ceritanya mengusut kehidupan sehari-hari sangat bertolak belakang dengan cerita Conan yang selalu menyibak kode demi kode kedetektifan. Pasti tau semua kan, awal mula Conan jadi kecil? Ya gara-gara diracuni sama segerombolan penjahat.
Tokoh yang mirip dengan tokoh di Doraemon disini adalah Grup Detektif Cilik. Yaitu Grup detektif yang dibuat Conan dengan para sahabatnya. Conan sendiri sebagai tokoh utama mirip dengan Nobita, walaupun tidak semalas dan sebodoh Nobita. Conan disini pandai, karena ia adalah seorang detektif yang diberi racun agar tubuhnya mengecil. Ayumi Yoshida, adalah seorang gadis cilik teman Conan yang menjadi anggota dari detektif cilik. Disini Ayumi jatuh cinta pada Conan. Ayumi sama kayak peran Shizuka di Doraemon. Genta Kojima, salah satu teman Conan yang badannya gemuk, suka makan dan dulunya jahat, tapi berbalik 180 derajat ketika berteman dengan anggota detektif cilik. Genta disini mirip seperti Giant. Lalu, yang mirip dengan Suneo adalah Mitsuhiko Tsuburaya. Ia anak yang pintar dan suka akan teknologi.

Detektif Conan









Kalau kamu punya artikel menarik untuk di share, kamu bisa mengirimnya ke blog ini. Caranya silakan klik di sini. 100% Gratis ;) Jangan lupa juga untuk follow twitter anax kolonx @anaxkolonx dan like fanspagenya di di sini ;) Kalau mau copas artikel "Serupa Tapi Tak Sama: Kartun yang Tokohnya Seperti Kartun Doraemon" di atas, jangan lupa nyertain link sumbernya dari blog ini loh, awas kualat kalo enggak disertain ;)
Kalau kamu suka dengan artikel "Serupa Tapi Tak Sama: Kartun yang Tokohnya Seperti Kartun Doraemon" di atas, kamu bisa membaginya dengan teman facebook, twitter ataupun teman online kamu yang lainnya. Caranya dengan menekan tombol di bawah ini.

Artikel Terkait Tentang Serupa Tapi Tak Sama: Kartun yang Tokohnya Seperti Kartun Doraemon :

Komentar Untuk Serupa Tapi Tak Sama: Kartun yang Tokohnya Seperti Kartun Doraemon

 

Berbagi Lewat Tulisan - Copyright © 2010 Ratih Yuna. All Rights Reserved - Serupa Tapi Tak Sama: Kartun yang Tokohnya Seperti Kartun Doraemon